si tua yang masih bertenaga

pada tanggal 24 maret 2012 saya kebetulan pulang ke kampung halaman di daerah sukoharjo – jawa tengah yang berdekatan dengan kota solo.
pada kesempatan itu saya mendapati motor kakek saya yang berada disana masih tetaplah digunakan keseharian ke sawah setiap harinya untuk membawa keperluan pakan hewan ternaknya yakni sapi dan juga untuk membawa pupuk serta lainya untuk keperluan bercocok tanam di sawah, tidak lain kendaraan yang digunakan yaitu Yamaha L2 super keluaran tahun 1974.
24032012479
25032012489

menurut info dari mbah kakung saya motornya ini merupakan motor pertamanya bahkan sebelumnya sewaktu saya masih ada di solo sempat dibelikan matic yamaha mio namun si mbah menolaknya alasanya ga mau ganti motor, wealah mbah mbah, dan ini juga motor belum pernah berpindah tangan sejak keluar dari dealer. yo wes apapun kata si mbah tak pinjem nggeh.
25032012491
pertama naekin wow setangnya  bro mantap badan ga mbungkuk, tekukan stangnya itu lho yang paling tak sukain. tanceppp lah pertama hidupin mesinya rada ribet, kunci kontak cuma pajangan aja lha kuncinya aja ga bisa di cabut, harus buka keran bensin dulu, wes di start dengan kick stater, tarik kopling masukin gigi satu langsung wusss, tenanganya mantab biar kata mesin tua masih bisa di bilang oke, pas jalan lurus tak gass poll aja wealah pas sampe gigi 3 kok tak tambah lagi ga mau.?? oh ternyata cuma sampe 3 speed aja toh, pas saya coba bawa nikung, hmm lumayan bisa agak merebah sedikit. lanjutt ke bagian otot alias mesin
24032012475
walah berselimut jerami mesinya namanya juga motor mainya ke sawah terus hehehe
25032012495
masih ada tulisan “made in japan”, apakah ini mesin masih bulit up dari jepang yah.?

25032012496
di perbesar lagi
25032012497
ini dia otot sumber powernya hehehe😀
25032012498
sepintas kalo kita lihat pasti bertanya tanya, lho karburatornya dimana.???
saya pun pertamanya ikut bingung,, woo ternyata ada di dalam block mesin sebelah kanan, belum bongkar jadi belum dapet fotonya.
mungkin cuma segitu aja yang saya dapatkan

25032012490
Salam
AD 2904 QK

About Pandji Victory

saya hanya anak kecil yg cobe belajar menuangkan fikiran tentang dunia otomotif dan lain lain di dalam blog
This entry was posted in roda dua. Bookmark the permalink.

23 Responses to si tua yang masih bertenaga

  1. Aa Ikhwan says:

    motor antik😀

  2. blade_us says:

    gowonen mrene ji😀

  3. redbike92 says:

    motor klasik😀
    btw, maaf tanya
    spedonya masih jalan ta?

  4. pakdegembul says:

    Mas kuwi dudu L2 Super ning L2G…. motor kuwi mbiyen favorite blantik sapi nang daerahku….

  5. jelas masih built up kang, kayak C70 punya keluargaku:mrgreen:

  6. abid jadul says:

    4 speed klu bkan 3,,haha koplak

  7. triclaksono says:

    biar tua tapi mesin sport 2 tak itu kang…yo mesti ae isih jozzz🙂

  8. tak rumatane wae mbah montore… q punya emang jozzz montore… buat naik gunung aja masih ok… gk ada matinye…
    fb: Yelow Jepara Yamaha Engkle Owner

  9. ane jg ad L2S masbro . . . .hahaha

  10. hailwood says:

    L2G pancen mantep, lha punya ayah ane sjak 1979 msh jalan aja sampe skrg, cuman prnah ganti piston n conrod 1x,
    tapi muahalll dulu, 2 ons emas bro… jaman skrg 1 gram aja450rb = 200 x 450 rb = 90 jeti… dpt ninin 250 scnd 2 bro..
    pantesan dulu motor jarang bgt…

  11. Heri says:

    Aku juga punya L2 super CDI tahun 1990,tapi udahaku modif cross abizzz,,
    ban depan: 18,irc croz
    ban blakang: 16,irc croz dingin
    sock dpn: rx king
    sock blkng: mega pro
    blok: boring f1zr
    kenalpot: bobok
    kampas + per kopling:rx king
    slebor dp+bl:trail
    stang: YT putra dunia

    itu aja bro pokok nya mantep

  12. pupung says:

    aku juga ada yamaha 70.. mesinnya memang joss (y)

  13. yovan saputra says:

    oii frend nyari spare part’y L2 super d daerah kalian masih ada kaah???lagi nyari neh..d kota saya udah puter” hasil’y nihil..tlong d bantu dong sob..thx.

    • Agus says:

      Untuk ketersediaan sparepart wil surakarta&sekitarnya L2 cukup melimpah,terakir pelihara l2 super ’74 merah th 95,masih ori dan hidup semua kecuali speedometer,cat ori tergradasi merah,putih,besi tapi tdk mengelupas&karatan seperti motor sekarang,knalpot luar biasa tebal,dijual ortu,dulu aku masih anak sekolah belajar naik motor pake L2,jadi kangen dimana engkau kini?Lebaran pulang kampung kalau ketemu aku beli lagi.

  14. wicak says:

    spare part l2 super yang telengkap didaerah surakarta di mn ya? tlong di bntu gan…..diderahq sdh gk da yang jual, ni ane mau cri gigi primer,n gigi skunder,….tp ane cari yg ori…….tankyu

    • agus says:

      kalau ga salah daerah selatan tipes arah sukoharjo mungkin daerah gajahan nama tokonya aku lupa,sparepart motor2 tua banyak tokonya jadilah jaraknya saja dari kayu tapi ramai sampe antri,semoga itu toko masih buka,tiap kali pulang kampung jarang bisa jalan2,libur mepet.

Leave a Reply

